Himpunan Desainer Interior Indonesia
DKI Jakarta

Sejarah HDII

Gagasan untuk mempertemukan para desainer interior dari berbagai pelosok tanah air melalui suatu wadah atau organisasi profesi desainer interior di Indonesia diprakarsai oleh Hoemar Tjokrodiatmo, Fred Haradiran dan Maya Soeharnoko di pertengahan tahun 1982. Dari diadakannya pertemuan-pertemuan kecil yang berpindah-pindah tempat, akhirnya kerja keras para pemrakarsa membuahkan hasil dengan dideklarasikannya Himpunan Desainer Interior Indonesia atau disingkat HDII pada tanggal 17 Januari 1983. Istilah Himpunan dipakai karena lebih mengarah kepada rasa persaudaraan, menghimpun; jadi para Desainer Interior bisa berhimpunan bersama dalam meningkatkan apresiasi profesi. Dalam hal diperlukan pemakaian terjemahan untuk tujuan-tujuan tertentu, maka dipakai nama “INDONESIAN SOCIETY OF INTERIOR DESIGNERS”.

Dalam Kongres Nasional pertamanya bertempat di Ruang Serba Guna Erasmus Huis Jakarta dengan Ketua Umum untuk pertama kalinya dipegang oleh Solichin Gunawan, Naning Adiwoso sebagai Sekretaris jenderal dibantu oleh Dewan Ketua Fred Haradiran dan Abendanoe Muljono. Joop Ave sebagai pelindung dan Achmad Sadali salah seorang perintis pendidikan Desain Interior di Indonesia sebagai Anggota Kehormatan yang berlaku seumur hidup. Majelis Himpunan dipimpin Widagdo dengan anggotanya Hoemar Tjokrodiatmo, Farouk Kamal dan Eny Zaenuddin. Kantor sekretariat HDII pertama berada di kantor Naning Adiwoso di jalan Melawai X/14, Jakarta Selatan.
books-1617327_1920-oq2se0kob1orxo4c885jbonb5a5qsghnanskiplk0w

Legalitas HDII diperkuat dengan dibuatnya Akta Notaris oleh Kantor Notaris Mohamad Ali dengan nomer 10, tertanggal 13 Maret 1983 dibuat di Jakarta. Dengan rasa kebersamaan terwujudlah HDII yang sekarang ini, semakin kuat, semakin luas, semakin ada di hati pencinta interior. Pada usianya yang kedua, HDII diterima menjadi anggota penuh IFI (International Federation of Interior Architects/Interior Designers) pada tahun 1985 di kantor pusatnya di Amsterdam, negeri Belanda. Di tingkat regional HDII kemudian bergabung dalam APSDA (Asia Pacific Space Designers Association) pada tahun 1989. Melalui kedua organisasi ini, HDII semakin dikenal di mancanegara dan para anggotanya dapat bertukar pandangan bahkan HDII pernah menjadi tuan rumah kongres APSDA di Bali pada tahun 2000 dan acara ini berlangsung dengan meriah.

Dalam perkembangannya, akhirnya HDII tersebar di kota-kota besar Indonesia, dengan tujuan para desainer interior dari berbagai pelosok tanah air di Indonesia bisa berhimpun bersama dalam meningkatkan apresiasi profesi. Salah satunya adalah cabang DKI Jakarta yang didirikan pada tahun 1993. HDII DKI Jakarta sukses berkembang dari tahun ke tahun, tentu dengan kerja keras para pengurusnya, yang rela menyumbangkan tenaga dan fikiran untuk mewujudkan keinginan para anggotanya.

950 +
Total anggota
90 +
Anggota tersertifikasi
40 +
Rekanan

Founder & CEO

Pengurus HDII DKI Jakarta
Periode 2019 – 2022

Ranu Scarvia Ria Fitri

Wakil ketua

Mira Prihatini Triyogo

Sekretaris

Florence Melani Jofatma

Bendahara

Atridia Wilastrina

Bendahara

Naila Djatnika

Bidang program

Rica Jumaria Ishak

Bidang program

Christianto Roesli

Bidang promosi & dokumentasi

Susi Irma Adisurya

Bidang pendidikan

Amarena Nediari

Bidang pendidikan

Maitri Widya Mutiara

Bidang pendidikan

Rr. Chandrarezky Permatasari

Bidang pendidikan

Sakundria Satya Murti Wardhana

Bidang pendidikan

Sri Riswanti

Bidang pendidikan

Bayu Prasetyo

Bidang pendidikan

Sriwahjuni Diah Purwati

Bidang sertifikasi

Makmur Iknu Wijaya

Bidang sertifikasi

Erina Wiyono

Bidang keanggotaan

Adim

Sekretariat administrasi dan kesekretariatan